Mengobati Biang Keringat Pada Si Kecil Menggunakan Cara Alami

Seringkali bayi mengalami berbagai gejala, salah satunya adalah ruam dan kulit yang memerah. Tidak bisa dipungkiri lagi jika kulit bayi sangatlah sensitif, jadi Anda tidak bisa sembarangan memberikan obat-obatan. Ketika ingin menghilangkan biang keringat pada bayi Anda harus bertanya terlebih dahulu kepada dokter agar mendapatkan resep, atau bisa juga dengan menggunakan cara alami yang bisa Anda lakukan di rumah.

Perlu diketahui jika keringat yang berlebihan pada bayi dapat menyebabkan pori kulit tersumbat dan sehingga keringatnya menimbulkan biang keringat pada bayi. Bayi dan anak kecil acap mengalami biang keringat disebabkan kelenjar keringat mereka belum mengalami perkembangan secara sempurna. Terlebih lingkungan yang hangat atau panas, serta pakainan yang dikenakan oleh bayi yang ketat atau tebal bisa memicu biang keringat.

Penyebab dan Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi

Anda juga harus menyadari kalau sirkulasi udara yang kurang baik bisa menyebabkan suhu ruangan menjadi lebih panas dan gerah. Belum lagi bayi dibedong atau mengenakan terlalu banyak lapiasan pakaian, yang menjadi faktor penyebab biang keringat. Suhu panas bisa menyebabkan badan berkeringat, bisa juga karena pakaian terlalu tebal dan membuat keringat tidak keluar, dan keringat akan mengalir ke jaringan kulit di sekitar kelenjar keringat. Itulah yang memicu iritasi dan kemerahan pada kulit Si Kecil.

Jika Si Kecil mengalami kemerahan di area kulit yang biasanya tertutup, seperti di bagian kemaluan, tangan, belakang lutut, dan ketikak, tandanya Si Kecil mengalami biang keringat. Ketika bayi mengalami biang keringat, ia akan rewel dan selalu menggaruk bagian yang ruam. Jika ini terjadi, sebaiknya Buah Hati dikenakan pakainan yang longgar atau pakaian yang bisa menyerap keringat serta turunkan suhu ruangan menggunakan AC atau kipas angina untuk mengurangi rasa gerah.

Kebanyakan gejala biang keringat akan hilang dalam beberapa hari. Untuk membantu bayi lebih nyaman, Anda perlu melakukan hal yang sudah kami tuliskan di bawah ini. Silakan diperhatikan!

  • Silakan menurunkan suhu ruangan menggunakan bantuan kipas angina maupun AC supaya Si Kecil tidak merasa gerah lagi. Kondisi biang keringat acap memburuk jika tubuh bayi selalu berkeringat karena suhu ruangan yang panas dan gerah.
  • Kenakan pakaian yang nyaman. Anda bisa mengganti pakainan Buah Hati dengan bahan yang lebih tipis supaya sirkulasi udara yang ada di kulit bayi lebih lancar.
  • Silakan menggunakan losion pereda gatal untuk mengurangi gejala ruam penyebab biang keringat. Hindari penggunakan losion di area mata.
  • Pindahkan Si Kecil ke ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang lebih baik.
  • Jaga bagian tubuh yang ruam supaya tetap kering atau tidak berkeringat.
  • Jangan gunakan pakaian yang terlalu ketat karena bisa memicu keringat pada bayi.

Jika poin-poin di atas sudah Anda baca, tips selanjutnya yang bisa Anda gunakan adalah mengobati biang keringat dengan bahan alami. Di bawah ini sudah kami tuliskan cara mengobatinya.

  • Lidah Buaya

Perlu Anda ketahui jika lidah buaya mampu memberikan sensasi sejuk di kulit bayi. Anda bisa mencampurkan daging lidah buaya dengan air mawar yang dipercaya ampuh mengobati biang keringat untuk bayi, anak-anak, maupun orang dewasa.

  • Cendana

Anda bisa mencampurkan bubuk cendana dengan air mawar, kemudian oleskan campuran ini ke bagian tubuh Buah Hati yang mengalami biang keringat.

  • Lemon

Lemon dikenal memiliki khasiat mengontrol minyak berlebihan karena pengeluaran keringat di bagian tubuh. Anda bisa memandikan Si Kecil menggunakan air yang dicampur dengan perasan lemon untuk mengurangi gejala gatal maupun biang keringat.

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan tentang penyebab dan cara mengobati biang keringat pada bayi. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

No votes yet.
Please wait...

Contoh Gambar Mengobati Biang Keringat Pada Si Kecil Menggunakan Cara Alami

Mengobati Biang Keringat Pada Si Kecil Menggunakan Cara Alami | eddye | 4.5